Jumat, 16 Desember 2011

Save Nature for the Future (Conservation of Water Resources)

        Air adalah elemen penting dalam kehidupan sekaligus sumber daya yang sangat penting bagi organisme kehidupan. Suatu organisme tidak dapat hidup apabila di dunia ini sudah tidak ada air. Kelangsungan hidup organisme, tergantung adanya sumber daya air yang ada dihabitatnya, dan organisme tersebut akan beradaptasi terhadap lingkungannya.

        Para Ilmuan telah melakukan penelitian dan menyatakan bahwa beberapa puluh tahun kedepan, di bumi ini air jernih akan menjadi barang yang sangat langka, bahkan harganya dapat melebihi harga berlian di zaman sekaran ini. Dapat diperkirakan, jika air sudah sangat langka, mungkin di dunia ini hanya akan ada beberapa organisme kehidupan saj yang masih dapat bertahan. Bayangkan jika kita mengalami keadaan seperti itu, apa yang akan kita lakukan? Apakah kita hanya akan diam menanti maut yang lambat laun pasti menjemput?
        Di zaman sekarang ini, air jernih sudah mulai sulit untuk diperoleh. Sumber mata air sudah semakin sedikit, namun kebutuhan akan air jernih terus meningkat. Contohnya daerah saya yang berada di Sukabumi, Jawa Barat. Dahulu pegunungan di daerah saya sangat subur dan memiliki banyak sumber mata air. Namun lihatlah sekarang ini, sebagian puncak pegunungan sudah tandus dan gundul tanpa pepohonan yang hijau dan rindang.
Dokumentasi Pelantikan OSIS SMPN 3 Cibadak 2011/2012
Dokumentasi Pelantikan OSIS SMPN 3 Cibadak 2011/2012
        Tapi Alhamdulillah setelah musim hujan, sebagian pegunungan kembali hijau, namun pada bagian puncak masih tandus karena digunakan sebagai tempat penggalian tanah liat oleh suatu badan perusahaan.
Dokumentasi Pelantikan OSIS SMPN 3 Cibadak 2011/2012
        Penggundulan tersebut dilakukan oleh badan perusahaan dalam memanfaatkan sumber daya alam hanya untuk mencari keuntungan yang tidak seberapa dibanding kerugian yang akan kita tanggung di masa yang akan datang dengan kurangnya sumber mata air yang disebabkan kurangnya kadar air dalam tanah karena tidak di tampung oleh pepohonan.
       Dan juga sungai yang sudah tercemar karena disebabkan oleh limbah rumah tangga dan juga pabrik – pabrik yang banyak didirikan di daerah kami, dan oleh perilaku manusia – manusia yang kurang bertanggung jawab akan lingkungan dengan mengotori lingkungan khususnya perairan.
       Bahkan di daerah – daerah tertentu banyak yang masih kekurangan sumber air jernih, mereka terpaksa menggunakan air yang kotor dan tercemar untuk kebutuhan sehari - hari, namun dibalik itu berbagai penyakit seperti muntaber, penyebaran penyakit malaria dan demam berdarah yang disebabkan oleh nyamuk – nyamuk yang berkembangbiak di air – air yang kotor dan tergenang, dan banyak pula penyakit yang membahayakan lainnya, dapat mudah mengganggu dan membahayakan kesehatan masyarakat setempat.
Diambil dari http://poltak.simanjuntak.or.id/
        Maka dari itu, marilah kita jaga lingkungan sumber daya air di lingkungan kita masing – masing dengan semampu kita dan lakukan penghematan sumber daya alam khususnya air, baik itu dengan melakukan kegiatan penanaman 1000 pohon atau reboisasi supaya menyimpan cadangan air di dalam tanah, dan menjaga kebersihan lingkungan khususnya daerah perairan seperti sungai, danau, sumber mata air, dan lain - lain dengan tidak mencemari air, dan juga melakukan konservasi air atau penghematan air di lingkungan kita masing – masing.
        Apa yang akan anda lakukan dalam menghadapi krisis air di zaman sekarang dan yang akan datang? Apakah anda aakan ikut serta dalam usaha konservasi air? Mulailah dari sekarang untuk melestarikan lingkungan dan melakukan konservasi khususnya daerah perairan, karena tidak berapa lama lagi, air jernih di dunia ini akan semakin berkurang dan sangat sulit untuk dicari.
Do Your Best to the Nature for the Future !!!
Diambil dari http://www.meh.ro/

2 komentar:

  1. bagus lah artikelnya,,,
    Semoga bermanfaat bagi kita semua... :)

    BalasHapus
  2. Artikel anak muda yang wajib dibaca dan jadi tauladan untuk kita semua...sukses buat semuanya !

    BalasHapus

Sahabat